Langkah-langkah agar Gigi Sensitif Tidak Lagi Ngilu

Banyak orang produktif yang menderita gigi sensitif akibat gaya hidup. Mereka tidak bisa menjaga pola makan dengan baik, atau justru sering mengonsumsi minuman kemasan atau minuman bersoda yang tinggi kandungan asam.

Supaya masalah gigi sensitif dapat teratasi dengan baik, Anda bisa melakukan perawatan yang mudah. Berikut tipsnya yang disampaikan oleh Dokter Gigi Spesialis Konsultan Konservasi Gigi drg Diatri Nari Ratih, MKes, hD, SpKG(K).

Menghindari minuman bersoda

Salah satu cara yang mudah untuk mengatasi atau menghindari gigi sensitif yaitu jangan minum soda. Minuman ini kadar gulanya sangat tinggi dan jenis karbonasinya dapat meningkatkan asam dalam mulut. Kalaupun terpaksa harus minum soda, imbangi dengan minum banyak air putih untuk menetralisir terjadinya gigi ngilu.

Pilih pasta gigi yang tepat

Banyak sekali jenis pasta gigi untuk penderita gigi sensitif yang dijual di pasaran. Anda dapat memilih pasta gigi tersebut setiap hari. Kandungan bahannya jelas berbeda dari pasta gigi biasa. Pasta gigi ini lebih mudah untuk melindungi gigi agar tak lagi ngilu di saat makan.

Pakai serum gigi

Serum gigi terbukti untuk mengatasi gigi ngilu. Penggunaannya pun mudah yaitu dengan cara dioleskan ke bagian gigi. Sebenarnya fungsinya sama dengan pasta gigi, hanya saja serum lebih mudah menyerap ke gigi dan mampu mencegah terkikisnya email gigi.

Gosok gigi dengan tepat

Anda juga harus tahu teknik gosok gigi yang tepat. Caranya dengan metode merah putih, yakni gerakan ke atas dari gusi ke gigi. Metode ini dibuktikan dapat mencegah gangguan kesehatan mulut secara menyeluruh.

Jangan terlalu sering konsumsi makanan asam

Anda juga jangan terlalu sering untuk mengonsumsi makanan asam seperti jeruk, wine, yoghurt, dan lainnya. Makanan ini dapat mengabrasi gigi, juga menyebabkan gigi sensitif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khasiat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Mulut

Penjelasan Kenapa Kebersihan Gusi dan Gigi itu Penting