Penjelasan Kenapa Kebersihan Gusi dan Gigi itu Penting


Menjaga kebersihan mulut melibatkan banyak hal yang dilakukan secara rutin setiap hari, diantaranya adalah: menyikat gigi, berkumur dan menggunakan pembersih mulut (mouthwash). Banyak dari kita yang tidak memahami mengenai kebersihan gigi ini dan efeknya bagi kesehatan keseluruhan, dan hanya berfikir bahwa ini hanyalah sebagai cara untuk menjaga gigi tetap bersih dan menghindari bau nafas. Kenyataannya, bau nafas dan gigi yang tidak sehat kebanyakan disebabkan oleh bakteri, dan bakteri ini bisa memiliki sejumlah efek terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mungkin akan mengejutkan jika anda tahu bahwa jumlah anda berkumur dalam sehari memiliki korelasi langsung dengan seberapa tinggi tingkat perkembangan kanker dan stroke. Ini menandai arti penting menjaga kebersihan mulut.

Kebersihan Mulut dan Kesehatan Tubuh

Mungkin beberapa dari anda yang membaca artikel ini bingung dan heran bagaimana bisa menyikat gigi dan berkumur memiliki hubungan dengan kanker dan stroke. Kaitannya adalah dengan sistem kekebalan tubuh, dan jika anda memiliki bakteri-bakteri buruk di mulut maka sistem kekebalan tubuh anda secara terus menerus akan bertarung dengan bakteri tersebut untuk mencegah efek lebih luas terhadap kesehatan tubuh. Pada saat proses ini terjadi, maka tekanan darah akan naik dan memberikan peluang bagi bakteri/virus lain untuk menyerang. Mulut adalah tempat pertama dimana peluang itu bisa terjadi; karena mulut adalah tempat yang hangat dan lembab sehingga sempurna untuk penyebaran bakteri. Selain itu, mulut merupakan area yang langsung berhubungan dengan perut dimana bakteri dan virus mendapat akses ke dalam darah. Ini berarti jika anda mendapatkan bakteri jahat di dalam mulut maka bakteri tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam perut dan menyebabkan penyakit. Alasan lain mengapa mulut rentan adalah karena berbagai benda yang biasa dimasukkan ke mulut. Sebagai contoh, sebagian dari kita suka memasukkan jari ke dalam mulut setelah menyentuh benda yang tidak higienis, mengusap mulut dengan tangan, dan makan makanan yang belum dicek kebersihannya.

Pada saat yang bersamaan, kebersihan mulut kita juga berpengaruh terhadap kesehatan orang lain. Ini benar adanya, saat kita batuk atau bersin, kita menyebarkan bakteri atau virus di dalam mulut kepada orang lain. Kita bisa saja menutup mulut, tapi faktor terpentingnya adalah bagaimana kita bisa mengurangi jumlah bakteri jahat di dalam mulut.

Point terakhir, kebersihan mulut tidak hanya berkaitan dengan kesehatan pribadi, tetapi juga berpengaruh terhadap estetika dan kehidupan sosial anda. Selain itu mulut yang bersih juga dapat mencerna makanan dengan baik dan dapat menikmati makanan sesuai selera.
Cara Menjaga Kebersihan Mulut

Untungnya menjaga kebersihan mulut adalah hal yang mudah dan sederhana. Pertama, anda harus memastikan mendapatkan asupan air yang banyak. Hal ini akan membantu anda memproduksi lebih banyak saliva (air liur) yang merupakan disinfektan alami dan juga membantu anda membersihkan isi mulut. Anda harus berhati-hati dan memastikan bahwa benda yang masuk ke dalam mulut higienis.

Menyikat gigi juga sangat penting karena membantu mengusir bakteri dan juga plak, keduanya sangat mudah dihilangkan dengan pasta gigi. Memang cukup masuk akal untuk menyikat gigi setelah makan, tapi kebanyakan hanya menyikat gigi 2 kali sehari. Pastikan untuk selalu menyikat gigi sebelum atau sesudah makan pagi, alasannya adalah kita tidak memproduksi cukup saliva dimalam hari dan ini bisa menyebabkan perkembangan bakteri. Inilah alasan mengapa kita selalu mengalami bau nafas di pagi hari. Pada akhirnya biasakan berkumur karena ini akan membantu membersihkan area-area yang sulit dijangkau oleh sikat gigi terutama setelah makan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah-langkah agar Gigi Sensitif Tidak Lagi Ngilu

Khasiat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Mulut