Cara Jaga Kesehatan Gigi Anak Kebutuhan Khusus dengan Rajin Minum Air Putih


Gigi yang sehat menjadi penunjang kelangsungan tumbuh kembang anak-anak berkebutuhan khusus. Masalahnya, sebagian besar anak berkebutuhan khusus umumnya memiliki masalah pada giginya sehingga mereka jadi susah makan. Hal itu, pada akhirnya berdampak pada tumbuh kembang.

Anak berkebutuhan khusus tak memiliki kemampuan untuk merawat giginya sendiri. Sang ibu juga seringkali kesulitan saat membujuk anak agar mau sikat gigi.

Jika demikian, langkah apa yang harus dilakukan agar gigi anak berkebutuhan khusus tetap sehat?

Drg Aliyah, dokter gigi spesialis anak dari Dharmawangsa Dental Studio menjelaskan, minum air putih yang banyak menjadi pertahanan utama agar gigi anak berkebutuhan khusus tetap sehat.

"Kalau minum airnya banyak, produksi air liur juga banyak. Secara natural itu sudah membersihkan mulut," urainya.

Kedua, selain tak lelah untuk membujuk anak agar mau menggosok gigi, periksa secara rutin ke dokter gigi spesialis anak. Aliyah mengatakan, mulut adalah jendela tubuh. Jika sudah banyak infeksi di mulut, bakteri pun akan lebih mudah masuk ke pencernaan dan berpengaruh pada pertumbuhan.

"Banyak ibu-ibu datang ke saya, bilang sudah ke dokter pencernaan, dokter anak, tapi tidak ketemu masalahnya. Setelah diperiksa giginya, ternyata sudah banyak lubang, infeksi, dan bengkak. Kemudian setelah perawatan gigi berat badannya jadi naik, BAB-nya jadi lancar, pertumbuhannya pun jadi lebih baik," paparnya.

Jika orang sehat pada umumnya kontrol gigi setiap 6 bulan sekali, anak berkebutuhan khusus disarankan setiap 3-4 bulan sekali.

"Tergantung kasusnya seperti apa. Saya sarankan sih 4 bulan sekali, tapi ada juga yang parah sehingga harus 2 bulan sekali," pungkasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah-langkah agar Gigi Sensitif Tidak Lagi Ngilu

Khasiat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Mulut

Penjelasan Kenapa Kebersihan Gusi dan Gigi itu Penting